Saturday, March 28, 2009

My life is full of shiT..ESIS

Woaah..., akhirnya setelah berjibaku selama beberapa minggu, kelar juga ujian kompre-horor hari Jum'at tanggal 20 Maret 2009 lalu. Dengan ditonton oleh beberapa orang saja (soalnya yang laen pada telat n gak boleh masuk ruangan sama dosen penguji, sukurin....hehehehe), akhirnya aku bisa kelar ujian kompre dengan KEBAKARAN JENGGOT......!!!!

Gimana nggak kebakaran jenggot, kalo kelar ujian kompre dosen penguji bilang penelitianmu kudunya nggak sesingkat itu, harus lebih lama lagi. Wuaduh..., bayanganku tentang Spanyol dan diriku pas diseruduk banteng pecah berkeping-keping luruh ke lantai (weiss...).

"Tambah lama, tuh tambahnya berapa lama, ya, Pak?" Tanyaku innocent dengan detak jantung yang berdentam-dentum.

Ketiga dosen pengujiku menatapku macam ngeliat orang idiot yang berhasil ujian kompre pertama kali dari angkatannya (gimana tuh jadinya?).

"Ya, sesuai sama teorinya yang kamu pakai."

Duh, harus muter otak. Jangan sampe eh jangan sampe rencana liburanku gagal. Not this time. Masak sudah sampe bolak-balik ke kantor imigrasi buat memperpanjang paspor, dikirain TKI petugas imigrasi (padahal pas itu aku lagi gak bawa kardus mie instan trus baju ama sepatuku matching lo), n ngurus bermacam tetek-bengek laiinya, masak ya gak jadi pergi sih? No way.

Akhirnya meski keluar dari ruang kompre dengan muka lesu, gotta suck this up and move on (but not quite yet). Belum meredakan gemuruh di dada, melesatlah diriku ke Fakultas Hukum untuk ngisi pelatihan jurnalistik di sana. Meski kecewa n panik setengah mati bakal lulus lebih lama dari rencana, aku kudu nepati janji jadi pembicara di Fakultas Hukum dunk. Profesional ceritanya.... Jangan sampe perasaan pribadi mencampuri profesionalisme, terutama kalo lagi butuh duit (weiss..)

Meski pas jadi pembicara mukaku ketekuk-tekuk n banyak bengongnya, untungnya aku sukses menyelesaikan tanggung jawabku. Tapi ternyata tanggunganku nggak hanya berhenti di situ aja. Besoknya aku kudu ngisi di dua acara. Ya ampun, kebayang nggak sih harus berbicara di muka umum pada saat hati tengah berkabung? Jadi tahu perasaan Dewi Persik pas lagi manggung padahal baru aja dicerai deh. Asal....

Akhirnya setelah masa "mengejar setoran" itu selesai, aku bisa fokus ke revisi proposal tesis. Duh, kayaknya kudu ganti beberapa nih. Tapi setelah aku ganti beberapa hal, KOK MALAH JADI SEMUANYA IKUT BERUBAH.....?!

Trus aku bandingin ama proposalku yang lama, revisiku ini beda banget. Judul beda, latar belakang beda, teori beda, intervensi gak nyambung, pengukuran beda. Dari proposal awal sampe proposal revisi yang sama cuma dua doang : jenis font ama ukuran font (kalo itu diitung aspek penting dalam tesis)... Aku gak bisa bayangin gimana ekspresi muka dosen pengujiku kalo tahu aku ganti banyak. Masih mending kalo mereka cuma bilang, "Ini revisi apa revolusi?", lha kalo tersinggung trus malang mutung piye?

Masak aku bilang "Pak, saya ini adalah spesimen manusia globalisasi. Pergantiannya serba cepat dan tidak terduga..." Gak bisa juga, kan? Keluh...

Jadi makanya kalo akhir-akhir ini aku malah keliatan makin sibuk, ya mohon dimaklumi. Soalnya aku kudu berusaha untuk lulus tepat waktu biar aku gak jadi batalin liburan. I need a vacation so bad. Tapi enggak liburan di Indonesia lah ya, kok kaya orang susah banget sih liburan kok cuma sekeliling Bali, Lombok, dan sekitarnya (kaya iklan Adzan Maghrib di TV)

Ya ampun, di saat menderita gini kok aku masih bisa sombong, ya?

Jangan-jangan karma niy?

Ya ampun...., tesis-tesis..... Belum juga dinikahi kok udah bikin kehidupanku menderita sih...?
Keluh....

No comments:

Post a Comment