Sunday, February 22, 2009

ORB Novel Science-Fiction Terbaruku (Sorak-sorai bergembira, hip-hip-horay.....!)


Rasanya lega banget sodara-sodara ketika udah kelar nyelesain novel science-fiction yang keranka karangannya udah mulai dibuat sejak aku belum nyusun proposal skripsi (yep, it has been bloody ages ago....). Banyak lah alasannya. Tapi dari banyak alasan, hanya satu yang bener-bener bener (yang barusan itu namanya redundansi, sekalian review kembali pelajaran bahasa Indonesia kita), yaitu: KARENA AKU KETAKUTAN SENDIRI BUAT NULISNYA. Huuu....huuuu..., nggak jentel....
Novel itu lahir dari ketidakterimaan hidupku yang diinjak-injak oleh fenomena hantu n makhluk gaib yang membatasi gerak langkahku. Setiap kali main sama temen-temen pas adzan maghrib disuruh mami pulang soalnya ntar diculik wewe gombel, de el el. Pokoknya hal-hal seputar gaib sudah menjadi bagian dari hidupku sejak kecil.

Dan ini saatnya untuk berubah, dengan menggugat bahwa sebenernya makhluk gaib itu gak ngeri-ngeri amat loh (padahal akunya sendiri gak yakin, wong gak pernah ketemu, n GAK PINGIN KETEMU!!! Siapa tahu ada yang iseng mau bantu nemuin aku, thanks' eniwei gak usyah repot-repot....)

Jadi itulah asal mula niatanku nulis novel "ORB" itu. Bukunya udah ada di toko buku Gramedia n toko buku non-Gramedia (yang kayaknya juga banyak banget). Penerbitnya PT Tiga Serangkai, yak tul yang terkenal dengan buku-buku pelajaran sekolah. Tapi jangan khawatir, ORB gak akan keluar di ujian, tapi akan terbayang sampai alam mimpi... hiiii ngeri..
Ini nih sinopsisnya. Btw, ini bukunya serius lho, soalnya aku nulisnya pas lagi waras... Beli ya...!? Ya? Ya? Ya?

Seno telah bersahabat dengan apa yang dinamakan kesepian sejak dirinya dilahirkan. Kesepian begitu mengenalnya dengan baik hingga kemana pun Seno bersembunyi, kesepian tetap akan dapat menemukan dirinya. Dugaan dirinya adalah anak haram lah yang membuat Seno dikucilkan baik di lingkungan sekolah maupun keluarganya. Hidup Seno berubah drastis setelah dirinya bertemu dengan Gus.

Gus adalah spirit yang melindungi Seno dari ancaman orang-orang yang ingin melukainya. Gus juga lah yang pada akhirnya membakar rumah Seno dan membunuh semua anggota keluarga Seno –yang selama ini telah menganiaya Seno. Namun demikian Gus adalah satu-satunya teman bagi Seno. Lantaran hanya Gus lah yang mau perduli padanya, dan juga karena dengan caranya sendiri Gus telah mencelakai orang-orang yang berada di sekitar Seno.
Tim peneliti hantu didatangkan dari Amerika khusus untuk mendapatkan penjelasan atas fenomena Gus ini. Tim ini terdiri dari seorang doktor dalam bidang fisika, psikolog, fotografer, teknisi, dan cenayang. Mereka ini sebelumnya telah beberapa kali meneliti fenomena supernatural, di antaranya adalah orb, yang dianggap sebagai unit satuan terkecil dari spirit –atau yang dalam manusia disebut sebagai sel.

Permasalahan semakin bertambah rumit setelah terkuak fakta bahwa ternyata ada banyak kepentingan bercampur di situ. Tim itu tidak hanya harus berurusan dengan spirit, namun juga harus menghadapi ancaman CIA dan pihak-pihak jahat lain yang menginginkan informasi berharga tentang Gus. Padahal menghadapi ulah Gus saja tim ini sudah kewalahan. Gus menyerang dan membahayakan nyawa anggota tim ini berulang kali.

Lalu siapakah Gus sebenarnya? Dan apakah yang sesungguhnya dimaksud dengan orb itu? Apakah kemudian penelitian ini juga berhasil menjelaskan fenomena-fenomena supernatural yang selama ini sering terjadi dalam kacamata ilmiah?

2 comments:

  1. Ini Mas Galang yang suka nulis teenlit juga ya?

    ReplyDelete
  2. Bukunya bagus, cuma ada tahun-tahun yang salah nulisnya. Sedikit ngeganggu juga, tapi nggak apa-apa. Overall bagus kok

    ReplyDelete