Monday, February 23, 2009

Tesis: Antara Lemhanas, Uji Kesabaran, dan Segitiga Bermuda


Tadi pagi aku kirim sms nih ke DPT (Dosen Pembimbing Tesis) yang tersayang, berhubung hari ini nih rencananya jam 9.30 ada janjian mo konsultasi skalian bareng ama temenku...

Gini nih bunyi smsnya:
Assalamu'alaikum. Pak, ini Galang. Maaf sms pagi2. Cuma mau konfirm saja nanti saya dgn Lani jadi konsultasi dgn Bapak jam 9.30, kan? Matur nuwun. Wassalam
Pesan terkirim jam 06:15:02 am (sengaja soalnya kalo agak siangan biasanya Bapak balesnya lama, biasa orang sibuk, banyak yang diurusin....)

Selang beberapa saat, tepatnya pukul 06:20:11am, datanglah pesan dari beliau:
Mas Galang. Hari ini saya sibuk banget. Karena ada undangan tiba2 dari Lemhanas menjadi pembicara di Jakarta dalam penyusunan Indeks Kepemimpinan Nasional. Kita tunda ke Jum'at pagi pk 8.00. Ws.

Oh my God, padahal minggu yang lalu Bapaknya juga sibuk banget jadi gak bisa nyempatin konsultasi sama aku n Lani (temen seangkatan bimbingan tesisku).

Trus aku sms lagi:
Baiklah, tdk apa2, Pak. Saya akan sampaikan ke Lani. Tlng minta masukan Bapak skalian bsk jum'at ttng proposal tesis sy ya pak, agar bs sgera saya mulai kompre n intervensi. Rencananya saya akan mulai penelitian Maret ini. Trims atas bimbingannya. Galang
Pesan terkirim jam 06:26:45am

Eeh, ternyata Bapak bales sms-ku. Terkirim 06.48:36am
Ok Mas Galang. Lemhanas adalah lembaga tinggi negara yang akan tersinggung kalo sampai saya tolak permintaannya. Isinya kumpulan para jendral, mantan menteri, dan ilmuwan ternama. Diundang adalah suatu kehormatan. Harap maklum.

Aku baca sms itu berulang-ulang sambil khawatir kalo-kalo Bapakku tersayang itu tersinggung dengan pesan sms-ku. Aku buka folder SENT di HP-ku berulang-ulang untuk ngecek jangan-jangan smsku bernada ambigu, sinisme, n yang bisa diartikan salah. Jangan-jangan Bapak mikir nih aku sengaja mau nyindir Bapaknya kali. Kalo Bapaknya mikir aku gak tahu Lemhanas, emang bener (hehehehe), jadi harus nerangin aku watdehel Lemhanas is. Mungkin aku yang agak kurang peka (kayaknya udah gak cuma "mungkin" lagi, tapi udah "100% pasti"), tapi yang kutangkap dari pesan yang kukirim sendiri itu adalah aku sekedar kasih tahu ke Bapak kok kalo aku bener-bener mau nyelesain tesisku cepet-cepet.

Dan bukan salahku juga mau nyelesaian tesisku cepet-cepet, karena selain mahasiswa yang telat lulus kudu bayar 3 jeti untuk biaya kuliah semester depan, juga anjuran dari pengurus program S2 ku agar mahasiswanya cepet lulus. Kebetulan angka kelulusan di program S2-ku agak memprihatinkan. Setiap semester tuh sampe-sampe pengurus fakultas kudu nempelin daftar nama mahasiswa sejak angkatan pertama yang masih harus bayar SPP kuliah, yang sama aja artinya belum lulus. Jadi pihak pengurus sangat menginginkan agar kami segera cepet hengkang dari fakultas yang tercinta ini.

Nah, aku kadang bingung juga. Tuh pengurus ngomongnya biar kita cepet lulus, tapi tetep aja namanya birokrasi sucks! Mau ngajuin ujian kompre aja susahnya bukan main. Bukan susah ding, ribet. Harus yang nunggu hasil TOEFL kelar lah (yang hasilnya only God knows when it will finish, gitu deh), harus yang nunggu konfirmasi dari dosen pengampu kuliah Teknik Penyusunan Tesis lah, dan bejibun lah-lah lainnya. Padahal aku sama sekali gak protes pas persyaratan untuk ujian tesis ditambah supaya lebih berat daripada taon-taon sebelumnya. Seperti misalnya review jurnal dari yang 5 biji, ditingkatkan jadi 10 biji. Kagak apa-apa, soalnya pernah denger kan peribahasa, "Galang bekerja tiga kali lebih cepat daripada orang normal" He-eh, Galang itu manusia sombong dan gak normal abis....

Tapi kadang ketika kita udah bekerja maksimal, ada aja faktor eksternal yang let us down gitu deeh. Jadinya lama-lama males juga. Udah semangat-semangat cepet lulus, eeh ternyata respon dari luar malah melemahkan mental. But, I'm still hanging in there, Buddy, to show what myself is made of... Seharusnya penyusunan tesis tuh dibuat reality show kali ya, judulnya: uji kesabaran.

Trus nyambung dengan Tragedi Lemhanas, tuh, sama aja berarti aku mengalah demi negara, kan? Semoga pemerintah menyadari bahwa mengundang pembicara terkenal yang juga merangkap profesi sebagai dosen itu berakibat pada tertundanya kelulusan sekumpulan mahasiswa yang menjadi anak bimbingnya. Kalo misalnya, pemerintah nggak menyadari hal itu, yah gimana lagi ya namanya juga pemerintah. Mau diapain lagi?

Huu..huuu jadi pingin pindah ke Segitiga Bermuda yang nggak ada pemerintahan, universitas, dan tesis.

Paling-paling cuma ketemu siluman trus diajak ngilang bareng.

1 comment:

  1. waah.. berarti mas galang telah mengamalkan nilai2 pancasila, yaitu mendahulukan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi.. :))
    dosennya defensif amat yah..

    ReplyDelete