Sunday, February 22, 2009

Pertanyaan Paling Gak Terduga

Kemarin tepatnya aku ditanyai oleh dua orang murid buleku dalam waktu yang tidak bersamaan. Murid pertama dari Kanada, sudah tinggal di Pekan Baru selama 4 bulan tapi nggak omong Bahasa Indonesia babar blas.
Dia nanya, "Berapa sih jumlah populasi di Yogyakarta?"
Aku gak ngira pertanyaan ini penting, ya jawab aja, "Ya, banyak..." Dalam hati aku mbatin satu juta orang tuh sebanyak apa seeh? Kira-kira jumlah penduduk Yogyakarta tuh dalam satuan jutaan, milyaran (ya gak mungkin ya?), atau malah cuma ribuan.
Eeh, kaya gak nyadar posisiku udah terjepit, si murid itu masih aja ngejar, "Banyaknya berapa?"
Aku menelan ludah. Duh, kalo aku sampe bilang angka yang salah bisa berabe nih. Akhirnya aku kasih aja jawaban yang bijak guna menutupi kebusukan memoriku. "Yah, sulit untuk memperkirakan jumlahnya, karena Yogya itu kaya kota transit. People come and go, soalnya ini kan kota pelajar. Jadi orang-orang cuma dateng untuk belajar trus setelah itu pergi buat cari kerja.... Jadi jumlahnya tiap tahun gak tetep."
Eeh, untungnya si bule itu mau aja percaya...
Hehehe, aku udah kegirangan. Ternyata pesonaku untuk mengelabuhi orang masih tetep manjur....
Trus malemnya aku kudu jemput murid kedua yang dateng dari Jerman. Eeh.., ajaibnya dia nanya pertanyaan yang sama... berapa jumlah penduduk Yogyakarta?
KAYA PENTING BANGET SEEH PERTANYAANNYA!!??
Jadi, aku memutuskan untuk mencari jawabannya di internet pagi ini.
Ternyata sodara-sodaram, eng-ing-eng, populasi penduduk di DIY pada tahun 2007 adalah sebanyak 3,4 juta!!
(hening....)
Pasti kalian mikir, "so what, gitu loh?!"
Tuh, kan aku juga bingung, ngapain sih orang-orang kudu nanyain pertanyaan itu, kaya penting aja......

1 comment:

  1. owh.. baru tau jg.. dulu pernah dapet pertanyaan yg sama, kujawab 'more than 1 million, less than 5 millons..' hee.. masuk kan rentangnya..
    tapi kenapa orang asing itu suka nanya data with figures ya? kalo aku nanya gitu, dijawab 'banyak' or 'sedikit' pun biasanya puas..

    ReplyDelete